Sunday 19 December 2010

Review: Indonesia Mantap ke Final

Crisitan Gonzales (c) AFP
Crisitan Gonzales (c) AFP
Bola.net - Indonesia akhirnya mampu melaju ke final Piala AFF Suzuki 2010 setelah unggul agregat 2-0, usai laga semifinal ke dua melawan Filipina, Garuda kembali menang tipis 1-0.Kejutan diberikan pelatih Alfred Riedl dalam laga ini, ia untuk pertama kalinya menurunkan Yongky Aribowo sebagai starter. Kepercayaan itu langsung dibalas Yongky dengan kecepatan yang dimilikinya, sayang di babak pertama ini ia sering terjebak dalam posisi offside.
Peluang pertama Indonesia didapat di menit ke 10, saat Cristian Gonzales yang lolos dari jebakan offside saat mendapatkan umpan terobosan dari Yongky. Akan tetapi, El Loco yang tinggal berhadapan dengan Neil Etheridge gagal menaklukkan kiper itu.
Sementara Filipina mereka terlihat tampil bertahan dan hanya mengandalkan serangan balik saja, mereka hanya sesekali saja menyerang dan belum mampu menciptakan peluang.
Gagal menembus rapatnya pertahanan Indonesia, Filipina mulai menerapkan strategi untuk mencari peluang melalui set piece. Namun, usaha itu tak juga mampu membuat mereka mendapatkan peluang, dan mulai berupaya dengan spekulasi tendangan dari luar kotak penalti yang masih belum menemui sasaran.
Indonesia terus menyerang dan mendominasi jalannya pertandingan, akan tetapi Merah Putih belum juga memperoleh peluang yang cukup berarti. Tuan rumah baru memiliki peluang emas di menit ke 20 melalui tandukan Gonzales yang masih tepat mengenai Neil. Bahkan semenit kemudian Gonzales lagi-lagi gagal memanfaatkan peluang emas saat melewatkan bola sodoran Muhammad Ridwan yang sudah melewati kiper Filipina dari sisi kanan.
Cristian Gerard Alfaro Gonzales akhirnya mampu menebus dua peluang emas yang ia lewatkan tadi dengan mencetak gol spektakuler di menit ke 43. Tendangannya dari luar kotak penalti mengarah deras ke sudut kanan gawang Neil Etheridge dan membawa Indonesia unggul 1-0 yang bertahan hingga turun minum.
Pertandingan babak ke dua baru berjalan empat menit, Zulkifli Syukur sudah memberi shock therapy kepada kiper Filipina. Namun Neil masih bisa mementahkan bola tersebut dan langsung menangkap bola yang mental tersebut, ia terpaksa berbenturan keras sebelum dikuasai Yongki.
Filipina mencoba bangkit dan sempat memiliki peluang di menit ke 58, beruntung peluang emas Filipina itu gagal dimanfaatkan Greatwich, bola tandukannya masih tinggi di atas gawang Markus.
Memasuki menit ke 75, Indonesia mulai terlihat melakukan kesalahan-kesalahan yang seharusnya tak perlu dilakukan. Kesalahan dilakukan Zulkifli di menit ke 76 dan langsung direbut pemain Filipina, beruntung Markus dengan sigap keluar untuk menggagalkan peluang tersebut.
Meski Pelatih Filipina, Simon McMenemy mulai melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar dua pemainnya di pertengahan babak ke dua, pelatih Indonesia, Alfred Riedl baru melakukan melakukan pergantian pemain di menit ke 84. Ia memasukkan Arif Suyono dan menarik keluar Okto. FIlipina, Simon McMenemy
Pertandingan tersisa tiga menit, dan Filipina harus bermain 10 orang saja. Christoper Greatwich akhirnya diusir keluar lapangan saat ia mendapatkan kartu kuning ke duanya dalam laga ini usai melakukan pelanggaran keras terhadap Markus.
Injury time selama empat menit yang diberikan wasit asal Bahrain, Ali Hasan Ebrahim Abdulnabi tidak mampu dimanfaatkan kedua tim dengan baik. Malang bagi Indonesia, Ahmad Bustomi harus diganjar kartu kuning karena terpancing aksi Anton del Rosario yang di sepanjang pertandingan sering melakukan provokasi kepada pemain Indonesia.
Skor 1-0 tetap bertahan hingga laga usai dan Indonesia akhirnya mampu melenggang ke final Piala AFF untuk ke empat kalinya. Di final yang akan berlangsung dengan sistem home and away 26 dan 29 Desember nanti, Indonesia akan ditantang Malaysia yang sempat mereka cukur 5-1 di babak penyisihan lalu. Leg pertama partai final akan dilangsungkan di National Stadium Malaysia, sedangkan leg ke dua akan dilaksanakan di stadion Gelora Bung Karno jakarta.   (bola/fjr)

No comments:

Post a Comment